BagAimaNa MengATasi Sakit WakTu menz??

Uhm..buat cewe-cewe ada kalanya nyeri sewaktu menstruasi kan???
uhm, pasti terkadang bingung ya???sama.. untungnya aku mencoba nyari di internet e dapet pula.. ya udah aku pengen berbagi dech...


PAra dokter menyebut sakit waktu mens itu dengan sebutan dysmenorrhea. apa sich??Ini adalah istilah medis yang biasa dipakai untuk menggambarkan rasa sakit yang kamu alami di awal masa menstruasi. Pada 2 hari pertama mungkin rasa sakitnya paling parah dan tidak selalu terasa setiap kali kamu mens. Sebagian cewe ada yang mengalami sakit yang hebat, sedangkan sebagian lainnya cuma merasakan sakit yang nggak begitu kentara.pastinya bingung apa ya penyebabnya??

Kamu mungkin mulai merasakan sakit ketika mens sekitar 6 sampai 12 bulan setelah datang bulan pertama. Untuk cewe-cewe lain, hal ini baru terasa di usia lebih dewasa, ketika mereka berumur 20an atau 30an. Rasa sakit karena dysmenorrhea ini disebabkan oleh kontraksi atau gerakan yang intens dari otot-otot rahim. Dysmenorrhea bisa bersifat primer atau sekunder, tergantung dari apa yang menyebabkannya.

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan dysmenorrhea. Beberapa di antaranya, seperti gen yang tidak dapat diubah tapi faktor lain seperti pola makan masih bisa diperbaiki. Makanya, kamu masih bisa mencegah sakit waktu mens atau paling ngga mengurangi rasa ngga nyaman dan rasa sakit yang muncul dengan cara mencoba hidup lebih sehat.

Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi dan mengurangi sakit pada saat menstruasi :

Tempelkan botol berisi air panas atau bantalan panas/hangat pada daerah perut.
Pijat daerah perut/abdomen secara perlahan-lahan
Coba tidur terlentang dengan kaki/lutut diganjal dengan bantal
Lakukan olahraga ringan seperti senam, jalan kaki, atau bersepeda pada saat sebelum dan selama haid, hal tersebut dapat membuat aliran darah pada otot sekitar rahim menjadi lancar, sehingga rasa nyeri dapat teratasi atau berkurang.
Tumbuhan obat yang dapat digunakan untuk mengurangi dan mengatasi rasa sakit pada saat menstruasi mempunyei efek analgetik (meredakan rasa sakit), melancarkan sirkulasi darah, dan mencairkan bekuan darah. contohnya kunir..

0 Response to "BagAimaNa MengATasi Sakit WakTu menz??"

Posting Komentar